Presiden Guyonan

Butet Kartaredjasa

Buku PRESIDEN GUYONAN yang berisi 54 judul karangan Butet Kartaredjasa ini, merupakan sketsa-sketsa sosial yang muncul dalam kolom mingguan di koran Suara Merdeka, terbitan Semarang. Sketsa sosial itu tak ubahnya permainan monolog Butet yang selama ini memang dikenal sebagai aktor monolog. Memang, selain dikenal sebagai penggiat kesenian khususnya seni teater, Butet juga seorang penulis.

Sejak duduk di bangku setingkat SMTA, Butet mengasah bakatnya di dunia tulis menulis melalui berbagai karangan mengenai masalah sosial budaya di berbagai media massa: Berita Nasional, Kedaulatan Rakyat, Sinar Harapan, Kompas, Jawa Pos, Mutiara, Topik, Merdeka, Hai, Tabloid Monitor, Zaman, Tempo, dll. Tulisannya berupa features, resensi pameran seni rupa dan pertunjukan, maupun kolom dan esai.

Tahun 1983 dia memenangkan Juara I Lomba penulisan esai Taman Ismail Marzuki, dan 1984 juara I Lomba Penulisan Esai tentang Wartawan (LP3Y). Sejak tahun 2007 sampai sekarang, saban hari Minggu Butet menyapa pembaca koran Suara Merdeka lewat kolom “Celathu”.

Ini adalah buku perdana Butet Kartaredjasa. Awal pembuka di mana Butet akan menggunakan buku sebagai media untuk mengartikulasikan pikiran-pikiran dan permenungannya, dan sekaligus sebagai ikhtiar untuk berbagi pengetahuan dengan sesamanya.

Dikutip dari http://ticketbox.detik.com/


Advertisements

5 thoughts on “Presiden Guyonan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s