Buku Etika Politik Ibnu Taimiyah “Relasi Pemerintahan dan Rakyat”

buku-ibnu
Etika Politik Ibnu Taimiyah “Relasi Pemerintahan dan Rakyat” Penulis Dedi Syaputra

Pengantar Penulis

Ibnu Taimiyah salah satu tokoh pemikiran Islam yang sangat original, beliau tidak hanya cerdas dalam gagasan pembaharuan terhadap Islam, tetapi juga cerdas dalam gagasan etika politik pemerintahan yang seharusnya. Ibnu Taimiyah berpendapat, setiap ruang yang ada dalam kehidupan ini tentu semuanya bersumber pada al-Quran dan Sunnah, ia sangat tegas bahwa seorang pemimpin harusnya menjalankan apa yang sudah terkandung dalam teks-teks al-Quran dalam menegakan amal ma’ruf dan nahi mungkar.

Dalam etika politiknya, Ibnu Taimiyah mempertanyakan tindakan-tindakan para elit-elit politik apakah sudah sejalan dengan perintah Allah SWT dan Rosul-Nya dalam menjalankan roda pemerintahannya. Dalam ungkapan yang sangat populer bagaimana etika seorang pemimpin dan yang dipimpin adalah “Sesungguhnya mahluk itu adalah hamba-hamba Allah, dan para pemimpin adalah wakil-wakil Allah untuk hamba-hamba-Nya. Pada saat yang sama, mereka juga menjadi wakil-wakil hamba atas diri mereka sendiri, untuk itu jalinlah kerjasama antar sesama”.

Buku ini bermula dari tesis saya berjudul al-Siyâsah al-Syar’îyyah fî Ishlâh al-Râ’î wa al-Ra’îyyah yang saya tulis untuk memperoleh gelar Magister Studi Islam, konsentrasi Studi Politik dan Pemerintahan dalam Islam, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ada banyak orang yang membantu saya dalam menyelesaikan tugas akhir ini. Tanpa bantuan mereka sulit rasanya saya untuk merampungkan studi saya. Mungkin saya tidak bisa menyebutkan nama-nama mereka satu persatu dalam buku ini, tapi ada beberapa guru, keluarga, sahabat, dan kolega yang saya hendak sebutkan dalam buku ini.

Pertama-tama, Prof. Dr. H. Musa Asy’arie selaku Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan juga sebagai dosen saya dalam sesi perkuliahan.

Ucapan terima kasih kepada Prof. Khoiruddin Nasution selaku Direktur Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Abdul Salam Arief, M.A. selaku Ketua Prodi Hukum Islam dan Muhammad Sodik, S.Sos., M.Si. selaku Sekretaris Prodi Hukum Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga atas kemudahan saya dalam menyelesaikan studi.

Tidak kalah penting, Dr. Ahmad Yani Anshori, M.A. selaku pembimbing saya, yang telah banyak memberikan bimbingan dan arahan serta kemudahan dalam penyusunan tesis ini. Dalam membimbing beliau tidak hanya memberikan bimbing dan arahan saja, tetapi beliau juga membantu saya dalam membaca kitab-kitab kuning, yang berkaitan dengan tesis ini.

Kepada guru-guru saya di Jurusan SPPI yaitu Prof. Dr. Amin Abdullah,  Prof. Dr. Iskandar Zulkarnaen, Prof. Dr. M. Abdul Karim, M.A., Prof. Drs. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., Prof. Drs. H. Akh. Minhaji, M.A., Ph.D., Prof. Siswanto Masruri, M.A., Dr. Hamim Ilyas, M.A., Drs. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Nurainun Mangunsong, S.H., M.Hum., dan Siti Fatimah, S.H., M.Hum. Salam ta’zim saya dan minta doa dan keberkahan ilmu yang sudah diberikan.

Untuk kedua orang tua saya M. Syape’i, S.Pd. dan Hapsah, dan adik-adik saya Muhardani, S.S., Ade Syahroni, S.Pd.I., dan Arijalulfikri.

Ucapan terima kasih kepada istri saya Nikmatul Muafiroh, S.H.I., dan para pujangga Arya Sailendra Syaputra dan Arsya Malaya Syaputra, sokongan motivasi yang tinggi dari mereka mungkin buku ini tidak akan terbit.

Semoga Allah SWT jualah yang membalas kebaikan kita semua. Semoga bermanfaat.

Muara Bungo, 21 November 2016

 

Penulis

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s